KETERAMPILAN GURU PAK DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN RELEVANSINYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.56358/japb.v5i1.316Keywords:
Keterampilan Guru, Pendidikan Agama Katolik, Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini berfokus pada keterampilan guru Pendidikan Agama Katolik dalam mengelola kelas dan relevansinya untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Katolik Gayak. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana keterampilan guru dalam pengelolaan kelas berkontribusi terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Katolik pada aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan agama Katolik dan kecakapan hidup beragama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dilakukan di SDK Gayak dengan melibatkan 9 subjek penelitian yang terdiri dari guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan guru Pendidikan Agama Katolik SDK Gayak belum memiliki keterampilan yang memadai dalam mengelola kelas. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan keterampilan guru dalam pengelolaan kelas agar dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa pada pendidikan Agama Katolik pada aspek sikap spiritual, sikap sosial, dan pengetahuan Agama Katolik serta keterampilan hidup beragama.
This research focuses on the skills of Catholic Religious Education teachers in managing classes and their relevance to improving the learning achievement of fourth grade students at SDK Gayak. The aim is to find out to what extent the teacher's skills in managing the class contribute to increasing student achievement in Catholic religious education in the aspects of spiritual attitudes, social attitudes, Catholic religious knowledge and religious life skills. Research using descriptive qualitative method. This research was conducted at SDK Gayak, involving 9 research subjects consisting of teachers and students. Data was collected through interviews, observation, and documentation, then analyzed using data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study show that Catholic Religious Education teachers at SDK Gayak do not yet have adequate skills in managing classes, so it is necessary to increase teacher skills in managing classes in order to influence the increase in student achievement in Catholic Religious Education in the aspects of spiritual attitudes, social attitudes, religious knowledge Catholicism and religious life skills.