PENDIDIKAN MORAL KELUARGA SEBAGAI BASIS PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK DI KBG MARIA PEMBANTU ABADI

Authors

  • Anastasia Katarina Den Tukan Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka
  • Skolastika Lelu Beding Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka

DOI:

https://doi.org/10.56358/japb.v5i1.326

Keywords:

Keluarga, Pendidikan Moral, Karakter Anak

Abstract

Keluarga memiliki peran yang sangat penting sebagai institusi pertama dan utama untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak dan dikatakan sebagai dasar untuk pendidikan selanjutnya. Pendidikan yang diberikan di lingkungan keluarga bersifat informal yang tidak terikat oleh waktu dalam program pendidikan secara khusus. Esensi pendidikan tersirat di dalam integrasi keluarga, baik di dalam komunikasi antar sesama anggota keluarga dalam tingkah laku keseharian. Keluarga sebagai tempat pertama, memainkan peran yang sangat besar dalam memberikan nilai moral kepada anak. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan moral dalam keluarga sebagai basis pengembangan karakter anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di KBG Maria Pembantu Abadi Paroki St. Kornelius Pohon Bao. Subjek penelitian ini adalah 7 orangtua yang mempunyai anak usia SD-SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil studi menunjukkan bahwa pendidikan moral di KBG Maria Pembantu Abadi pada dasarnya sudah diajarkan dengan baik namun belum sepenuhnya diterima baik oleh anak. Hal ini dikarenakan seiring perkembangan dan pertumbuhan usia anak-anak, orangtua lebih membiarkan anak menyadari kewajibannya sendiri. Didikan dan bimbingan orang tua anak sangat menentukan masa depan mereka.

Published

2024-05-31

How to Cite

Anastasia Katarina Den Tukan, & Skolastika Lelu Beding. (2024). PENDIDIKAN MORAL KELUARGA SEBAGAI BASIS PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK DI KBG MARIA PEMBANTU ABADI. JAPB: Jurnal Agama, Pendidikan Dan Budaya, 5(1), 61-69. https://doi.org/10.56358/japb.v5i1.326

Issue

Section

Articles